10 Besar Jurusan Terfavorit di SBMPTN 2017

Dari hasil konferensi pers SBMPTN 2017 di Universites Sebelas Maret, telah diurutkan program studi atau jurusan terfavorit dari rumpun saintek maupun soshum. 
konferensi pers sbmptn 2017
image : dikti.go.id
Jurusan terfavorit pada SBMPTN 2017 ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena mungkin jurusan seperti manajemen atau kedokteran menjanjikan prospek yang memadai dimasa mendatang.

Jurusan terfavorit di SBMPTN 2017 :

  • Manajemen
Tidaklah heran kalau manajemen menjadi primadona di SBMPTN 2017. Faktanya selama beberapa tahun terakhir manajemen selalu menjadi prioritas para pendaftar.
Manajemen hampir selalu ada disetiap kampus di Indonesia, karena jurusan ini mempunyai prospek yang sangat bagus kedepannya.
  • Akuntansi
Jurusan dibawah naungan fakultas ekonomi ini sama sepeti manajemen, selalu menjadi prioritas. Akuntasnsi dan Manajemen juga mempunyai daya tampung yang lumayan banyak disetiap kampus.
Akuntansi adalah jurusan yang prospek kerjanya paling bagus di rumpun soshum. Semua Bank atau perusahaan pastilah membutuhkan lulusan akuntansi untuk mencatat jurnal-jurnalnya.
  • Ilmu Hukum
Siapa sih yang tidak mau masuk prodi yang keren ini? Atau yang tidak mau seperti Hotman Paris atau Najwa Shihab?. Ya, kedua tokoh tersebut pernah mengecam pendidikan di jurusan Ilmu Hukum.
Jadi, tidaklah heran jika Ilmu Hukum ini bertengger diperingkat ketiga jurusan favorit SBMPTN 2017. Di jurusan ini kalian akan belajar seluk-beluk hukum dan jika berhasil masuk jurusan ini, profesi advokat atau notaris akan menantimu.
  • Pendidikan Dokter
Jika kalian pernah mencari info tentang passinggrade SBMPTN, pastilah Pendidikan Dokter yang paling tinggi. Jurusan ini katanya sih jurusan dengan persaingan yang paling sulit, dimana hanya orang-orang dengan akademik terbiklah yang bisa masuk jurusan ini.
  • Teknik Sipil
Jurusan yang satu ini selalu menjadi favorit difakultas teknik. Apalagi negara kita ini sedang gencar-gencarnya membangun insfratuktur, pastilah teknik sipil ini akan menjadi incaran banyak orang. Prospek kerjanya pun cukup luas, tidak kalah dari manajemen atau akuntansi.
  • Ilmu Komunikasi
Jurusan yang satu ini merupakan panggungnya orang-orang ekstrovert, dimana kemampuan speaking kamu akan diuji disini. Bagi yang senang sama public speaking atau menyampaikan pendapat dimuka umum, jurusan ini sangat cocok untuk anda. Dan yang lebih kerennya lagi, disini gak cuma diajarkan komunikasi lewat perkataan, tetapi juga lewat tulisan, audio visual maupun simbol.
  • Teknik Informatika
Berbanggalah kalian jika masuk jurusan yang super keren ini, karena dikampus favorit SBMPTN yaitu UNPAD, jurusan ini menjadi yang paling ketat diantara semua jurusan yang ada. Jika berhasil lulus, membuat aplikasi, menjadi web programmer ataupun menjadi seorang game developer bisa anda wujudkan.
  • Psikologi
Jurusan yang mempelajari tentang kejiwaan, mental dan perilaku manusia ini adalah jurusan yang sangat unik, tidaklah heran banyak orang yang berminat untuk masuk jurusan Psikologi. Tetapi yang lebih uniknya lagi, jurusan ini bisa masuk rumpun saintek ataupun soshum. Contohnya di UI, jurusan Psikologi masuk rumpun soshum, sedangkan di UNPAD masuk rumpun saintek.
  • Farmasi
Bagi yang cinta sama kimia dan dunia kesehatan, jurusan ini adalah jurusan yang diincar selain pendidikan dokter. Prospek kerjanya pun cukup mentereng, dimana kalian bisa menjadi seorang apoteker, peneliti maupun di kedinasan.
  • Agribisnis
Mengingat negara kita ini adalah negara yang mempunyai banyak sektor pertanian, perkebunan dan peternakan, maka tidaklah salah Agribisnis masuk dalam daftar jurusan terfavorit. Jurusan ini memang mempunyai potensi yang sangat besar di Indonesia, mengingat Indonesia adalah negara agraris yang mulai menerapkan program kemandirian pangan.

Itulah daftar jurusan-jurusan terfavorit pada SBMPTN 2017 dan beberapa diantaranya selalu menjadi primadona disetiap gelaran SBMPTN, semoga bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang akan mengikuti seleksi SBMPTN ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »