Pengertian dan Penjelasan Ujian Mandiri

Kalau sebelumnya kita mengenal SNMPTN dan SBMPTN, yang merupakan seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri. Sekarang kita akan bahas jalur seleksi lainnya, ujian mandiri. Apa itu ujian mandiri?
nama-nama ujian mandiri di beberapa ptn

Ujian mandiri ini juga merupakan jalur masuk ke perguruan tinggi negeri, bedanya jalur ini khusus diadakan oleh tiap PTN. Biasanya ujian mandiri dilaksanakan setelah SNMPTN dan SBMPTN, dimana pada seleksi ini akan menyaring siswa-siswi terbaik yang sebelumnya gagal pada SNMPTN dan SBMPTN atau tidak mengikutinya.
Tidak semua PTN mengadakan jalur ujian mandiri, contohnya UNPAD dan ITB, sudah beberapa tahun terakhir tidak mengadakan jalur ini.
Beberapa PTN mengadakan ujian mandiri dengan menggunakan nilai peserta di SBMPTN atau melalui tes tulis, dan nama-nama ujian mandiri di tiap PTN pun berbeda. Berikut beberapa PTN yang mengadakan ujian mandiri.
  • ·         SIMAK UI, menggunakan tes tertulis
  • ·         UTUL UGM, menggunakan tes tertulis
  • ·         PENMABA UNJ, menggunakan tes tertulis
  • ·         SELMA UB, menggunakan tes tertulis
  • ·         SM UNNES, menggunakan tes tertulis
  • ·         UM UNDIP, menggunakan tes tertulis
  • ·         SM UPI, menggunakan nilai SBMPTN
  • ·         SM UNS, Menggunakan nilai SBMPTN

Sedikit tambahan, ujian mandiri ini tidak hanya diikuti oleh mereka yang gagal di seleksi masuk PTN sebelumnya, tetapi juga yang belum puas dengan apa yang didapatkan di SNMPTN atau SBMPTN pun juga banyak yang ikut ujian mandiri. Contohnya, si A mengikuti SBMPTN dengan pilihan sebagai berikut :
  1.      .. Teknik Informatika UNDIP
  2.      .  Teknik Informatika UNPAD
  3.      ..  Agroteknologi UIN SGD

Setelah pengumuman ternyata dia hanya dapat pilihan ketiga, Agroteknologi UIN SGD. Karena belum puas dan keukeuh mau teknik informatika, akhirnya si A ikut lagi UM UNDIP.

Itulah beberapa informasi mengenai ujian mandiri, semoga bisa menambah wawasan anda yang bercita-cita kuliah di perguruan tinggi negeri.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »