Tips Menghadapi Tingkat Kesulitan Soal SBMPTN

Tingkat Kesulitan Soal SBMPTN - Bagi yang masih asing dan masih abu-abu mengenai SBMPTN, sebaiknya baca artikel saya tentang tingkat kesulitan Soal SBMPTN ini dan simak baik-baik.
SBMPTN itu adalah seleksi nasional yang diikuti lulusan-lulusan SMA/sederajat tiga tahun terakhir, dimana proses seleksinya menggunakan tes tertulis atau mulai tahun 2016 kemarin sudah menggunakan komputer. Untuk lebih lengkapnya mengenai penjelasan SBMPTN bisa kalian baca di artikel saya sebelumnya.
Kalau sebelumnya kalian sudah stress dan belajar habis-habisan buat ujian nasional yang sebenarnya gak penting-penting banget, di SBMPTN harusnya bisa belajar lebih lagi. Untuk contoh bisa kalian lihat perbandingan soal UN dan SBMPTN dibawah.

soal UN vs SBMPTN


Bisa kalian pahami sendiri lah bagaimana perbedaan soalnya. Soal UN hanya membahas soal-soal dasar dari sebuah persamaan kuadrat, sementara SBMPTN membahas materi yang lebih mendalam lagi. Tidak hanya itu, kalau di ujian nasional biasanya diberi waktu yang cukup untuk menjawab semua soal, tapi di SBMPTN saya rasa kemungkinannya SANGAT KECIL SEKALI untuk menjawab semua soal dengan waktu hanya 105 menit untuk saintek dan 75 menit untuk soshum. Terus gimana dong tipsnya ?

Tips menghadapi soal sbmptn
  • Tinggalkan cara belajar yang primitif
Saya rasa ini poin yang paling berpengaruh mengapa banyak sekali yang merasa pusing atau stress ketika melihat soal sbmptn. Belajar yang gak primitif itu gimana?
Sekitar 90% pelajar SMA belajar kebanyakan menghafal, menghafal dan menghafal dan itu adalah cara yang primitif atau bisa dibilang kesalahan dalam belajar. Kalian harus bener-bener meninggalkan cara belajar yang seperti ini, karena jujur ini sangat merepotkan. 
Belajar yang bener dan efektif itu adalah belajar dari konsepnya, misal untuk suatu rumus, kalian tidak hanya hafal rumus aritmatika a-(n-1)b, tapi juga harus ngerti dari mana rumus itu didapat. Dengan begitu kalian juga akan bisa menjawab soal-soal lain yang berhubungan dengan materi aritmatika. FYI, saya pun bisa dibilang sukses dengan memakai cara ini waktu SBMPTN 2017. Bagi yang mau tahu gimana cara belajar yang konsep banget, bisa kalian simak video-video di Zenius.
  • Strategi
Strategi juga sangat dibutuhkan dalam menghadapi tingkat kesulitan soal SBMPTN. Logikanya gini, ada 60 soal TKD saintek dengan waktu 105 menit. Dengan waktu yang sesingkat ini gak mungkin bisa menjawab semua soal dengan lancar. Maka dari itu strategi sangat dibutuhkan. Nih ya, kalian gak perlu nguasain materi SBMPTN yang sebegitu banyaknya, gak perlu ngafalin materi-materi yang menurut diri sendiri gak bakal terkuasai. Cukup materi-materi yang sering muncul di SBMPTN aja yang mestinya dipelajari, kaya persamaan kuadrat, fungsi kuadrat atau pertidaksamaan, itu sering banget muncul dan bener-bener harus dipahami. Sebagai contoh nih saya beri persebaran topik SBMPTN matematika dasar.

persebaran topik sbmptn matdas
image : zenius.net


  • Persiapan
Persiapan itu seperti try out atau latihan-latihan soal. Dengan begitu kalian bakal mengetahui kelemahan masing-masing. Misal, untuk persamaan kuadrat kalian masih lemah di eksponen, berarti si eksponen tersebut harus lebih diperdalam lagi. Kelemahan itu hanya dapat diketahui jika ikut try out dan sering-sering latihan soal. Dan satu lagi, kalau latihan soal sendiri jangan terpaku pada soal yang kalian sudah kuasai aja, coba pelajari lagi variasi soal yang berbeda, karena itu akan sangat membantu.

Mungkin hanya itu saja sih tips-tipsnya, semoga bisa membantu memperbaiki cara belajar kalian yang salah. Tips tambahan, untuk yang mau menghadapi UN sebaiknya jangan terlalu memikirkan dan belajar matian-matian untuk UN. Coba mulai belajar SBMPTN minimal 6 bulan sebelumnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »